JAKARTA – Selain harus memiliki kecukupan minimal unsur ruang dan luas...

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan terjadi tingkat pertumbuhan harga rumah di dunia...

Jakarta – BI meminta pada pengembang untuk membuat desain baru untuk penjualan...

Kemenpera Masih Kaji Kenaikan Harga Rumah Subsidi

JAKARTA – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) masih mengkaji kemungkinan naiknya patokan harga rumah sederhana menyusul dampak kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Kajian diperkirakan selesai dua minggu mendatang.

“Belum ada keputusan final mengenai perubahan harga rumah sederhana yang akan dipatok oleh pemerintah. Hingga saat ini Kemenpera masih melakukan kajian apakah harga rumah perlu dinaikkan atau tidak,” jelas Deputi Bidang Perumahan Formal Kemenpera, Pangihutan Marpaung kepada sejumlah wartawan, Jumat (5/7).

Menggandeng Sucofindo, Kemenpera masih melakukan survei ke sejumlah lokasi di Indonesia untuk mengetahui dampak keniaikan harga BBM terhadap harga rumah. Survei ini diharapkan dapat menjadi dasar apakah harga rumah perlu naik atau tidak. “Data dari Sucofindo tersebut diperkirakan selesai dua pekan mendatang,” terangnya.
Untuk menjaga harga rumah subsidi yang dibangun pengembang tetap terjangkau rakyat, Kemenpera akan berupaya mendorong perbankan terus menyalurkan KPR memakai skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan suku bunganya tetap 7,25%. Kemenpera juga akan memperpanjang masa tenor KPR menjadi 20 tahun. (fik)
foto: istimewa

Jenis Artikel: